Jumat, 30 Desember 2011

Tugas 4 Softskill


Perancangan Arsitektur E-Bisnis
Untuk Layanan Persewaan Video Compact Disc
Berbasis Teknologi Short Message Service

Di era informasi sekarang ini, sebuah perusahaan harus melakukan transformasi fondasi internalnya secara struktural. Perubahan struktural ini mengharuskan perusahaan untuk mengembangkan sebuah strategi e-Bisnis yang inovatif, dengan memusatkan perhatian kepada pasar. Perubahan struktural ini juga membutuhkan proses perubahan secara besar-besaran.
 Dengan adanya kemajuan teknologi, maka informasi semakin mudah diperoleh, akibatnya persaingan bisnis menjadi semakin berat. Salah satu contoh bentuk kemajuan teknologi adalah adanya telepon selular yang membuat komunikasi antar umat manusia di muka bumi ini semakin mudah. Komunikasi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain digunakan untuk berkomunikasi suara dengan lawan bicara, telepon selular juga dapat digunakan untuk saling berkirim pesan dengan orang lain melalui teks atau yang dikenal dengan SMS (Short Message Service). SMS merupakan layanan yang sangat praktis dan murah sehingga banyak diminati. Dengan maraknya penggunaan telepon selular untuk berkirim SMS, maka kemudian muncul gagasan untuk membuat layanan berbasis SMS.
           Dalam waktu singkat beberapa jenis layanan yang berbasis SMS bermunculan. Jenis layanan sangat beragam, dari jenis layanan informasi sederhana seperti info valas, harga saham, jadwal sarana angkutan, dan sebagainya hingga jenis layanan yang cukup kompleks seperti transaksi perbankan melalui SMS.
Perkembangan teknologi telah membuat adanya pergeseran kekuatan kepada pelanggan atau pasar. Pelanggan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Informasi yang semakin mudah diperoleh, membuat daya tawar pelanggan semakin tinggi dan pelanggan selalu ingin mendapat yang diinginkan dengan mudah, murah, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.
Dengan adanya perkembangan teknologi telepon selular dengan layanan SMS ini, maka muncul sebuah gagasan untuk membuat suatu layanan yang unik dan unggul di bidang teknologi. Layanan tersebut adalah sebuah persewaan Video Compact Disc (VCD) dengan sistem antar jemput dengan memanfaatkan teknologi SMS. Dengan sistem yang akan dibangun ini, yaitu sewa VCD dengan sistem antar jemput dan SMS, pelanggan dapat melakukan sendiri proses peminjaman, pengembalian, melihat film terbaru, dan lain-lain dengan hanya mengirim SMS, tanpa perlu datang ke tempat persewaan. Untuk itu pelanggan akan menghemat waktu, uang, lebih efektif dan efisien. Hal ini akan meningkatkan daya saing di tengah maraknya usaha di bidang persewaan VCD serta
dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Analisa Permasalahan
            Permasalahan yang muncul dengan dibangunnya usaha persewaan VCD antara lain:
1.         Persaingan
2.       Manajemen Keanggotaan
3.       Penanganan Proses Transaksi

Model Bisnis
           Beberapa kriteria untuk menentukan model bisnis, diantaranya adalah :
a.      Memberikan kemudahan, kecepatan dan Kenyamanan bagi pelanggan dalam melakukan transaksi sewa.
b.      Investasi yang ditanamkan tidak terlalu tinggi tetapi manfaat yang diperoleh dapat langsung dirasakan.
c.        Memberikan suatu nilai yang berbeda dan inovatif dalam mendukung keunggulan bersaing dengan usaha sejenis.
Selanjutnya dilakukan analisis terhadap pengembangan aplikasi persewaan VCD berbasis teknologi SMS dengan menggunakan tiga kriteria seleksi konsep bisnis, yaitu:
1.        Potensi Pasar
Dasar pengembangan aplikasi adalah karena adanya potensi pasar dalam hal ini konsumen yang akan menggunakan sistem ini.
2.       Daya Saing
Untuk melihat posisi persaingan dilakukan dengan menggunakan analisis industri Porter Competitive Model dari Michael Porter (Porter 1985).
3.       Nilai Ekonomis
Pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi dalam mengembangkan aplikasi persewaan VCD ini akan memberikan beberapa manfaat. Berikut ini manfaat yang diperoleh dengan adanya aplikasi e-Bisnis pada persewaan VCD, baik bagi pihak persewaan maupun bagi konsumen.
a.      Penghematan dalam penggunaan fasilitas fisik seperti ruangan, pendingin ruangan dan tegangan listrik.
b.      Penghematan dalam jumlah pegawai yang dibutuhkan untuk melayani pelanggan.
c.        Praktis, aman dan nyaman bagi pelanggan, kapan saja dan di mana saja dapat melakukan transaksi
d.       Status transaksi sewa mudah diketahui
e.       Informasi mudah didapat misalnya mengenai film baru, tanggal kembali film, jumlah bonus dan sebagainya.

KESIMPULAN
1.        Penggunaan SMS sebagai fasilitas dalam e-Bisnis mempunyai berbagai keuntungan, seperti menghilangkan permasalahan jarak dan waktu, menghilangkan faktor kesalahan akibat adanya proses manual.
2.       Aplikasi sistem e-Bisnis untuk persewaaan VCD ini hanya menyediakan menu yang bersifat plain SMS, dimana pengguna mengirimkan pesan teks dan harus mengikuti format yang telah ditentukan.
3.       Dengan menggunakan e-Bisnis ini, dapat memungkinkan untuk pengurangan biaya operasional dan meningkatkan keuntungan. Karena dengan adanya e-Bisnis, maka pemakaian proses manual dapat dikurangi, menambah pangsa pasar dan dapat mengubah proses bisnis perusahaan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
4.       Dalam memulai e-Bisnis, hal yang terlebih dahulu dilakukan adalah menangkap kebutuhan pelanggan, dan langkah-langkah untuk meningkatkan nilai tambah bagi konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar